en id

News

PENILAIAN ACI, BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN AJI MUHAMMAD SULAIMAN SEPINGGAN PERINGKAT 3 DUNIA

25 Apr 2017

kembali ke list


BALIKPAPAN -  Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan - Balikpapan menduduki peringkat ke 3 kategori 5-15 juta penumpang dengan pelayanan terbaik didunia melalui penilaian dewan Internasional (ACI). General Manager Angkasa Pura I SAMS Sepinggan, Pujiono (26/4) mengungkapkan suatu kebanggaan hasil jerih payah dan dukungan pemerintah kota balikpapan sehingga memperoleh hasil yang sangat membanggakan ini.

Bandara yang berhasil berada diatas Bandara SAMS Sepinggan-Balikpapan yaitu peringkat pertama Bandara Shenyang taoxian Internasional Airport (SHE) Tiongkok dan Peringkat kedua Bandara Internasional Rajiv Gandhi (HYD) India sedangkan Bandara yang berada di urutan dibawah Bandara SAMS Sepinggan-Balikpapan yaitu Peringkat keempat Bandara Hothot Baita Internasional Airport (HET) Tiongkok, Peringkat kelima Bandara Longjia Cangcun (CGQ) Tiongkok dan Peringkat keenam Bandara Internasional Cangbai Nancangh (KHN) tiongkok diumumkan oleh Airport Council Internasional (ACI) (6/3/2017) di montreal, kanada.

Bandara SAMS Sepinggan – Balikpapan telah menunjukkan komitmentnya untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya yang sebelumnya telah meraih peringkat 6 dunia pada tahun 2016. Bandara SAMS Sepinggan memberikan pengalaman berkelas bintang kepada pelanggannya selain itu perbaikan pelayanan yang berkesinambungan, sehingga menmdapat keunggulan kompetitif, juga dapat mengoptimalkan kinerja pendapatan non-aeronautika.

Airport Service Quality (ASQ) merupakan salah satu program didunia untuk survey penumpang di bandara. Setiap tahun program menyurvei 600.000 individu dalam 41 bahasa di 84 negara. Survei ini untuk mengukur pandangan penumpang dari 34 indikator kinerja utama, termasuk akses bandara, cek-in, pemeriksaan keamanan, toilet, toko dan restoran. Sementara itu, Airport Council Internasional (ACI) adalah asosiasi bandara didunia untuk membina kerja sama antar-bandara anggota dan mitra penerbangan lainnya di dunia.