en id

News

BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN ADAKAN KEGIATAN RANDOM SAMPLING BERSAMA SATGAS COVID-19 KOTA BALIKPAPAN

21 Jun 2021

kembali ke list


Balikpapan, 21 Juni 2021 – Sehubungan dengan adanya peningkatan angka penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Surat Edaran Nomor : 300/2382/Pem tanggal 18 Juni 2021 tentang Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Pandemi Corona Virus Disease-2019 Di Kota Balikpapan, Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan  melaksanakan kegiatan Random Sampling yang di gelar oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan kepada para penumpang yang tiba.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Bapak Walikota Balikpapan Rahmad Mas’Ud yang akan melaksanakan Press Conference terkait dengan sosilaisasi penekanan angka penyebaran Covid-19 dan penambahan peraturan PPKM di Kota Balikpapan. Turut hadir dalam acara Press Conference Perwakilan KAPOLRESTA Balikpapan, Perwakilan DANDIM 0905/Balikpapan, Dan LANUD DHOMBER Balikpapan, Kepala KKP Kelas II Balikpapan, Kepala Otoritas Bandara Wil VII Balikpapan, Sekertaris Daerah Kota Balikpapan, Kepala Dishub Kota Balikpapan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Kepala Satpol PP Kota Balikpapan, Kepala Diskominfo Kota Balikpapan

Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’Ud menyampaikan “Perlu kami sampaikan perkembangan Covid-19 di Kota Balikpapan yang trendnya cukup naik dari 20 kasus hingga pada hari kemarin mencapai 70 kasus, alhamdulillah pada hari ini angka penyebaran sudah mulai turun kembali ke 63 kasus. Tentunya kita juga berharap agar bisa terus menekan angka penyebaran Covid-19 yang saat ini terkonfirmasi tinggi di Balikpapan.

“Salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Balikpapan dengan dilakukannya Random Sampling Antigen di pintu gerbang kota Balikpapan baik itu via Udara melalui Bandara atau Laut melalui Pelabuhan. Saya berharap mudah-mudahan angka ini dapat turun terus untuk kedepannya. Adapun dukungan serta peranan dari masyarakat juga dibutuhkan untuk menekan angka kenaikan ini, dengan tetap terus melaksanakan protokol kesehatan 5M dan mengurangi aktifitas di luar rumah”, imbaunya.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut Barata Singgih Riwahono General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga menyampaikan “Terkait dengan kegiatan Random Sampling Antigen bagi penumpang yang datang ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan ini tentunya sesuai dengan amanat dari Surat Edaran Walikota Ballikpapan tanggal 18 Juni 2021 kemarin dimana dalam edaran tersebut akan dilakukannya pemeriksaan acak terhadap penumpang yang datang ke Kota Balikpapan melalui jalur udara bersama-sama dengan tim Satgas Covid Kota Balikpapan”.

“Sejauh ini kegiatan berjalan dengan lancar, dan para penumpang dapat memahami kegiatan ini dengan baik”, ujarnya.

Ia juga menyampaikan untuk perkembangan traffic sejauh ini terjadi peningkatan dimana selama periode 1 – 20 Juni 2021 ini apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu terjadi peningkatan sekitar 298%, hal ini terjadi mengingat pada tahun lalu masih adanya masa pembatasan penerbangan. Namun apabila dikaitkan dengan tahun 2019 masih terjadi penurunan sekitar 37%.