en id

News

BANDARA SAMS SEPINGGAN BERHASIL RAIH PENGHARGAAN BINTANG 5 TARAF INTERNASIONAL

27 Feb 2023

kembali ke list


Balikpapan, 27 Februari 2023 –  Dalam upaya memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan berhasil mendapatkan apresiasi dunia melalui perolehan penghargaan Internasional dengan kategori Bintang 5 (Platinum) yang diselenggarakan oleh _World Safety Organization_ (WSO), _WSO Indonesia Safety Culture Awards_ (WISCA) 2023 yang berlangsung di Jakarta.

Bandara SAMS Sepinggan – Balikpapan berhasil mendapatkan penghargaan dari ajang tersebut pada pada hari Senin 27 Februari 2023. Proses administrasi, verifikasi dan penjurian yang telah dilaksanakan sejak Januari 2023 membuahkan hasil atas peran dan kontribusinya dibidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) untuk implementasi Safety Culture Program, ini merupakan penghargaan pertama kalinya diikuti Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan meraih penghargaan tersebut yang sekaligus menjadi bukti bahwa Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan telah menjalankan budaya K3 dengan baik.

_World Safety Organization Indonesia Safety Culture Award_ (WISCA) merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh WSO Indonesia sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam membangun Indonesia berbudaya K3. Penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang telah menjalankan program budaya K3, mengukur level budaya K3 dan mengimplementasikan Sistem Manajemen K3.

Ahmad Syaugi Shahab General Manager Bandara SAMS Sepinggan mengatakan “Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas segala upaya perusahaan dalam membangun budaya keselamatan dan kesehatan kerja. Membangun budaya K3 merupakan perjalanan panjang atas upaya pimpinan, manajemen dan pegawai serta mitra kerja,”  ujarnya.

Kami berharap semoga dengan adanya penghargaan ini, para pegawai dapat terus termotivasi untuk senantiasa menjaga budaya K3 yang optimal di lingkungan kerja, serta terus bersemangat melakukan perbaikan, inovasi – inovasi  yang mengutamakan K3,” tutup Syaugi.

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga telah mengukur tingkat Maturity Level Budaya K3 sebagai syarat untuk mengikuti ajang WISCA bekerjasama dengan Universitas Mulawarman dengan hasil skor 82,50 atau level 4 (Interdepended) pada skala 0 – 100 menggunakan metode DuPont Bradley. Kegiatan ini juga termasuk dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional 2023.