en id

News

Bandara SAMS Sepinggan Raih Sertifikat ISO 9001:2015 Lingkup PJP4U

14 Dec 2017

kembali ke list


BALIKPAPAN (13/12) - Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan - Balikpapan meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 ruang lingkup Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U) dari Badan Sertifikasi TUV Rheinland Indonesia yang berpusat di Jerman. Hal ini merupakan bukti nyata komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara SAMS Sepinggan - Balikpapan untuk senantiasa menjaga tingkat kualitas layanan bandara.

Handy Heryudhitiawan selaku General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan  menyampaikan bahwa “Saya berterima kasih atas dukungan pihak-pihak yang ikut membantu sehingga Bandara SAMS Sepinggan meraih sertifikat ISO 9001:2015 lingkup PJP4U, sesuai standardisasi ini saya harapkan bisa diterapkan terus dalam melaksanakan aktivitas operasional", ungkap Handy.

Sementara itu, sudah ada 7 (tujuh) bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura I (Persero) yang sudah meraih sertifikat ISO 9001:2015 lingkup PJP4U dari TUV Rheinland yaitu Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin dan Bandara Adi Sumarmo Solo.

PT. Angkasa Pura I (Persero) sendiri sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 sejak 2013 untuk seluruh bandaranya. Pada 2017 ini, manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) berkomitmen untuk melakukan migrasi ISO 9001:2008 menjadi ISO 9001:2015 di seluruh bandara.

Sertifikat ISO 9001 ini merupakan standar persyaratan yang telah dibuat oleh Internasional Organization for Standardization dan telah menjadi tolak ukur mutu sedangkan Badan TUV sebagai bagian testing, inspeksi dan jasa sertifikasi.

Secara detail, komponen penilaian didasarkan pada pemeriksaan dokumen, prosedur, laporan, interview terhadap manajemen dan karyawan, observasi lapangan, dan pengecekan secara mendalam terhadap semua aspek operasional utamanya di sisi udara (airside).

[Humas SAMS Sepinggan Balikpapan]