en id

News

Cegah Peredaran dan Penyalahgunaan Narkotika, Bandara SAMS Sepinggan Gelar Sosialisasi

05 Feb 2020

kembali ke list


Balikpapan - Sebagai upaya untuk mengantisipasi potensi penyalahgunaan narkotika dan obat atau bahan berbahaya yang dapat menimbulkan dampak buruk, Angkasa Pura I Balikpapan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar Sosialisasi pada Rabu 5 Februari 2020.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Gedung Serbaguna, dihadiri Karyawan Karyawati Angkasa Pura I Balikpapan, Anak Perusahaan, Airlines dan Ground Handling serta tenant Bandara Internasional (SAMS) Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan diwakili oleh Darji, Airport Safety & Quality Management Senior Manager mengatakan, "saya ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta sosialisasi yang telah hadir, kegiatan ini adalah rangkaian bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)".

"Peredaran Narkotika cukup masif di Indonesia, sesuai ketentuan Dinas Ketenagakerjaan bahwa suatu perusahaan yang telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Keamanan Kerja harus melakukan pencegahan bahaya Narkoba di tempat kerja. untuk itu, kegiatan sosialisasi ini menjadi agenda setiap tahunnya", tutur Darji.

Darji mengharapkan, "semoga dapat menghindari penyalahgunaan Narkotika, sebab dilingkungan kerja dapat juga merugikan orang lain khususnya yang kerjaannya berhadapan langsung dengan penumpang di Bandara SAMS Sepinggan".

BNN Balikpapan, Muhammad Daud mengatakan "semakin maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkotika maka perlunya dilakukan antisipasi seperti sosialisasi bersama Angkasa Pura I Balikpapan".

"Kami sudah lama bekerjasama dengan Angkasa Pura I Balikpapan guna memberantas Narkotika utamanya di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebagai salah satu gerbang masuk di Kalimantan Timur yakni sasaran kami seperti pengedar dan pemakai", jelasnya.

Daud turut menjelaskan peta distribusi Narkoba di Kalimantan Timur, termasuk dari luar negeri bisa langsung masuk, tingkat peredarannya Kalimantan Timur dulunya peringkat 3 tahun 2014 yang lalu, akan tetapi di tahun 2019 turun menjadi peringkat 24, atas kesadaran masyrakat bersama-sama memberantas narkotika.

Perlu diketahui juga Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan turut berperan dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan Narkotika dengan memasang pesan di media informasi yang tersedia di Terminal Keberangkatan dan Kedatangan berupa ajakan tidak menggunakan narkoba dan bersinergi bersama unsur keamanan terkait, laporan jika terdapat aktivitas Natkotika.

Communication SAMS Sepinggan Airport