en id

News

PELATIHAN PENANGANAN GAWAT DARURAT MEDIK BAGI TENAGA FIRST RESPONDER DIBANDARA INTERNASIONAL SULTAN AJI MUHAMMAD SULAIMAN SEPINGGAN BALIKPAPAN

12 May 2017

kembali ke list


BALIKPAPAN (12/5) – Dalam rangka meningkatkan skil penanganan gawat darurat medik di Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Balikpapan mengadakan pelatihan medik tenaga first responden, Peserta yang mengikuti palatihan ini adalah Avation Security, ARFF dan dibantu oleh unit Airport Safety & QM bertempat di Gedung Serbaguna PT. Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan.

Pelatihan yang dimulai pukul 7.30 WITA dibuka langsung oleh KKP dr J Sembiring, selanjutnya pemaparan materi kepada peserta tentang cara memberikan pertolongan pertama kepada penumpang yang lagi mengalami gangguan kesehatan. Dengan dibimbing oleh karyawan KKP Pelatihan dilanjutkan dengan praktek langsung dengan memakai boneka peraga agar peserta lebih mengerti target organ saat melakukan pertolongan.

Diharapkan pelatihan ini dapat diterapkan jika sewaktu-waktu diperlukan dibandara sebelum korban mendapatkan pertolongan pertama dari dokter atau tenaga medis yang lain sehingga korban merasa tenang dan bisa mengurangi bahaya yang lebih besar akibat kecelakaan yang ditimbulkan.