en id

News

POSKO TERPADU ANGKUTAN UDARA LEBARAN RESMI DI BUKA, BANDARA SAMS SEPINGGAN SIAP HADAPI ARUS MUDIK

28 May 2019

kembali ke list


Balikpapan (28/5) – Dalam rangka memastikan keamanan dan kenyamanan penggunajasa di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2019 (1440 H), PT Angkasa Pura I (Persero) laksanakan pembukaan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2019.

Farid Indra Nugraha, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan mengatakan Penyelenggaran Posko Angkutan Udara Tahun 2019 dilaksanakan berdasarkan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : INST 02 TAHUN 2019 tanggal 22 April 2019 tentang Pelaksanaan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2019 (1440 H), dimana Bandar Udara diinstruksikan untuk mengoptimalkan sistem keamanan Bandar Udara dan keamanan penerbangan, mengoptimalkan fasilitas dan personil, serta memastikan kelancaran pelayanan kepada penumpang sesuai standar layanan bandar udara.

Menurut Farid, Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2019 beroperasi selama 24 jam setiap harinya selama 16  hari, mulai dari tanggal 29 Mei 2019 sampai dengan 13 Juni 2019 yaitu H-7 sampai dengan H+7 Lebaran yang bertempat di Lantai 3 Terminal Keberangkatan Bandar SAMS Sepinggan Balikpapan, dengan melibatkan personil yang tergabung dari PT Angkasa Pura I (Persero) yaitu TNI, Polri, KKP, Otoritas Bandara, Basarnas, BMKG, Dishub, Senkom dan Orari.

Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran bertujuan untuk memastikan keselamatan, keamanan, kelancaran, ketertiban, dan kenyamanan penumpang baik yang datang maupun berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.  “Pada arus mudik Lebaran tahun 2018 lalu tercatat sebanyak 3.005 pesawat dan 362.482 penumpang yang datang berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan dan diprediksi untuk lebaran tahun ini jumlah pesawat akan turun sekitar - 12 % yakni 2.655 pesawat dan penunpang turun 39,5% ataus sebanyak 219.310 penumpang”, ungkap Farid. 

Puncak arus mudik lebaran tahun ini diperkirakan terjadi pada hari Sabtu 1 Juni 2019 dan puncak arus balik diperkirakan Minggu 9 Juni 2019. Libur Lebaran tahun ini cukup panjang sehingga arus mudik dan balik relatif menyebar.

Manajemen Bandara SAMS Sepinggan juga sudah menyiapkan antisipasi apabila terjadi keterlambatan penerbangan, yaitu berkoordinasi dengan pihak Airlines untuk memberikan pelayanan maksimal sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 89 Tahun 2015 Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal di Indonesia. 

Lebih lanjut Farid berharap dengan dibukanya posko terpadu angkutan udara lebaran tahun 2019 semoga dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat terwujud keselamatan, keamanan, kelancaran, ketertiban dan kenyamanan penumpang.

“Terkait dengan perkiraan puncak arus mudik dan balik ini serta antisipasi kemungkinan delay, Farid menambahkan Bandara SAMS Sepinggan beserta seluruh instansi terkait telah melakukan koordinasi untuk memastikan kesiapan bandara dalam mengantisipasi penumpukan penumpang dan penerbangan”, tutupnya.

Communication SAMS Sepinggan Airport