en id

News

Sentra Vaksinasi Bandara SAMS Sepinggan catat layani 7.674 Dosis Vaksinasi

27 Aug 2021

kembali ke list


Balikpapan, 27 Agustus 2021 – Sebagai salah satu upaya mensukseskan program vaksinasi nasional, Sentra Vaksinasi Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan yang mulai beroperasi mulai tanggal 5 Juli 2021 hingga tanggal 25 Agustus 2021 tercatat layani calon penumpang sebanyak 7.674 dosis.
 
Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini sebagaimana kita ketahui untuk melakukan penerbangan para calon penumpang wajib melampirkan persyaratan seperti kartu vaksin dan dokumen kesehatan baik Polimerase Chain Reaction (PCR) atau Rapid Test Antigen. 

Untuk Balikpapan sendiri yang hingga saat ini masih tergolong wilayah PPKM level 4 wajib melampirkan persyaratan perjalanan khususnya menggunakan moda transportasi udara yakni kartu vaksin (minimal dosis pertama) dan hasil negative RT-PCR, hal ini berlaku baik penerbangan menuju maupun keluar dari wilayah Balikpapan.

Retnowati, Stakeholder Relation Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menyampaikan “sentra vaksinasi di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pada periode bulan Juli 2021 terhitung sejak tanggal 5 lalu mencatat layani vaksinasi sebanyak 2.721 dosis atau 10% dari total penumpang yang berangkat yakni sebanyak 27.853 orang, untuk periode Agustus 2021 hingga tanggal 25 Agustus 2021 telah melayani sebanyak 4.953 dosis atau 13% dari 37.142 penumpang yang akan berangkat”.

Secara keseluruhan sentra vaksinasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan telah melayani vaksinasi sebanyak 7.674 dosis atau 12% dari 64.955 penumpang berangkat.

“terkait penumpukan penumpang di sentra vaksinasi pada tempo hari lalu, pihak manejemen PT Angkasa Pura I (Persero) bersama para stakeholder mengambil tindakan cepat yaitu menerapkan pendaftaran vaksinasi secara online, dengan demikian hingga hari ini penumpukan antrian vaksin di Bandara tidak terjadi lagi”, jelas Retno.

“Diharapkan sentra vaksinasi dapat memenuhi kebutuhan penumpang yang hendak berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan”, harapnya.

Hisri salah satu penumpang yang menerima vaksinasi di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan mengatakan “saya sebagai pendatang merasa sangat terbantu dengan tersedianya layanan sentra vaksinasi ini di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan untuk memenuhi persyaratan perjalanan menggunakan moda transportasi udara, harapan saya untuk kedepannya kuota vaksiansi dapat ditambah agar makin banyak orang yang terbantu”, ucapnya.

Sebagai informasi layanan RT-PCR sudah tersedia di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang terletak di mezzanine floor dalam jam operasional Senin – Jumat pukul 07.30 – 11.00 WITA dan Sabtu, Minggu atau Libur Nasional mulai pukul 07.30 – 09.00 WITA dengan biaya sebesar Rp 525.000 dan hasilnya akan keluar dalam kurun waktu 1x24 jam. 

Pendaftaran pada hari Senin – Jumat dapat dilakukan langsung pada hari H sedangkan untuk Sabtu dan Mingu serta Hari Libur Nasional dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu atau H-1 ke nomor 0821-5522-5208.