en id

News

TANGKAP PENGEDAR NARKOTIKA DI BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

12 Oct 2017

kembali ke list


BALIKPAPAN (12/10) - Tim Satwa Polda Kalimanatan Timur bersama Avation Security Bandara Internasional (SAMS) Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan mengamankan salah seorang pengedar Narkotika.

Pria yang menumpangi pesawat Lion Air dengan tujuan Surabaya-Balikpapan yang mendarat pukul 09.30 pagi diketahui telah membawa Nakotika jenis sabu yang di sembunyikan di dalam tas berwarna hitam.

Menurut tim dari Polda Kaltim, Barang Narkotika tersebut berdasarkan informasi dari Polisi Bandara Internasional Juanda Surabaya dan akan dibawa menggunakan pesawat lion air tujuan Balikpapan.

Tim satwa Polda Kaltim yang mendapatkan informasi tersebut dengan segera menginformasikan kepada Avation Security Bandara SAMS Sepinggan untuk dilakukan penyergapan di area kedatangan.

Setelah pesawat yang ditumpangi mendarat, tim satwa Polda Kaltim bersama Avation Security Bandara SAMS melakukan pengecekan satu Persatu barang penumpang di area apron dengan didukung oleh anjing pelacak K9 yang dapat mengendus keberadaan Narkotika.

Setelah beberapa saat kemudian Anjing tersebut mengendus keberadaan Narkotika pada tas Hitam namun tas masih dibiarkan keluar melalui conveyor pengambilan bagasi untuk mengetahui siapa pemilik tas yang berisikan Narkotika jenis sabu.

Pada conveyor 6 terlihat seorang pemuda yang mengambil tas hitam itu, sehingga dengan respon cepat tim dari Polda dan Avation security bergegas menghalangi dan memborgol tersangka untuk diamankan ke Pos Avation Security agar dapat di identifikasi, hasilnya diketahui tersangka membawa 500 gram sabu siap pakai. 

Tersangka selanjutnya dibawa ke Polres Balikpapan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Situasi di Bandara SAMS Sepinggan sedikit menegangkan dikarenakan penumpang yang tidak mengetahui kegiatan ini adalah simulasi untuk kesiapan Personil kepolisian dan Avation Security dalam menangani keadaan darurat.

Selamat Riyadi Selaku Airport Security Departement PT. Angkasa Pura I Balikpapan mengatakan "ini adalah salah satu bentuk sinergi yang baik dari Polda Kaltim dengan Avation Security PT. Angkasa pura I Balikpapan untuk melatih Personil dalam penanganan situasi darurat di Bandara SAMS Sepinggan saya harap rutin dilaksanakan kegiatan latihan ini".

[Humas SAMS Sepinggan Balikpapan]